Minggu, 23 Oktober 2016

Mobil Boros Bahan Bakar? Ini Dia Penyebabnya

Ada banyak penyebab mobil boros bahan bakar, antara lain: kondisi busi, karburator/injector, filter, keadaan ruang bakar, klep, ban, hingga cara mengemudi si pengendara. Dari sekian banyak penyebab itu, bisa dibagi dua kelompok, yaitu karena kerusakan teknis mesin daj karena kebiasaan cara mengendarai yang tak benar.
Berikut ini adalah penyebab-penyebab mobil boros bahan bakar yang sering ditemui:
  1. Kondisi busi
Hal yang kerapkali terjadi yaitu kepala busi dengan sumbunya terlalu renggang atau terlalu rapat. Pakailah jarak standar pabrikan. Perhatikan juga kondisi busi yang harus terjaga kebersihannya. Terutama dari kerak oli. Bisa juga boros karena bus telah soak. Semua gangguan tersebut akan mengakibatkan pembakaran bahan bakar tak sempurna.

  1. Kondisi karburator atau injector
Karburator yang rusak karena ada sumbatan pada bagian pipa-pipa kecil akan mengganggu aliran BBM yang menuju ruang bakar. Akibatnya aliran BBM tak stabil. Bisa dilihat dari asap yang keluar dari knalpot yang berwarna hitam. Bila ini yang terjadi, perlu dilakukan kalibrasi (stel ulang). Untuk mobil, pembersihan injeksi dilakukan tiap 100 ribu kilometer.

Baca Selengkapnya ----->>>  Mobil Boros Bahan Bakar? Ini Dia Penyebabnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar